Senin, 30 Mei 2011

Contoh Resensi Buku

Identitas buku   :
·         Judul buku    : 146 yang Ter- di Dunia
·         Pengarang    : Anna Fauziah dan Irwan Nuswantoro
·         Tahun terbit       : Februari 2010
·         Cetakan ke- : 1
·         Tebal buku    : 150 halaman
·         Harga              : Rp 35.100,00
Hal-hal Menakjubkan di Bumi
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai banyak hal menakjubkan di sekitar kita. Hal-hal menakjubkan itu mencakup ciptaan Tuhan seperti gua terpanjang dan laut terdalam, ataupun hal-hal yang memang sengaja dibuat oleh manusia. Contohnya saja seperti mobil termahal, kereta tercepat, gedung tertinggi, dsb. Karena jumlahnya yang banyak, tak banyak dari kita yang mengetahui bahwa hal tersebut masuk ke dalam rekor dunia. Padahal sungguh disayangkan bila kita tak mengetahui banyak fakta kehidupan.
Dalam buku ini, kita tak akan melihat bab yang biasanya membagi sebuah buku. Mulai dari halaman pertama, buku ini memberi nomor pada setiap faktanya yang berjumlah 146. Contohnya saja, “1. Gedung Tertinggi”. Di bawah judul itu kita bisa membaca artikel tentang gedung tertinggi yang pernah dibuat mulai dari manusia diciptakan hingga sekarang. Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat ilustrasi dan gambar di sebelah artikel. Untuk mempermudah memahami isi buku, pengarang meletakkan beberapa hal bertema sama secara berurutan. Misalnya saja pada fakta nomor 1 hingga 10 adalah fakta tentang relief bumi, dan fakta nomor 21 hingga 26 adalah fakta tentang kendaraan.
Buku yang bisa menambah ilmu pengetahuan umum kita ini tak akan membuat kita bosan. Dimulai dari sampul depan yang berbahan soft cover dan penuh gambar berwarna, kita bisa menarik kesimpulan bahwa buku ini cukup menarik untuk dibaca. Semua gambar dan ilustrasi disajikan dengan penuh warna. Gambar-gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi yang terdapat dalam setiap fakta yang sedang dijelaskan bisa memperjelas artikel di dalamnya. Sayangnya, ada beberapa gambar yang kurang memperjelas isi artikel. Bahasa yang digunakanpun mudah dipahami. Berbeda dengan buku lain yang menggunakan kertas berbahan dasar HVS, kertas yang digunakan adalah kertas yang licin dan lembut. Huruf yang tercetak juga cukup besar sehingga orang tua tak perlu memakai kacamata untuk membaca. Di bagian akhir buku, kita juga bisa menemukan latihan soal tentang isi buku yang bisa mengingatkan kembali pemahaman kita tentang hal-hal yang disampaikan.
Secara keseluruhan, buku ini layak dibaca untuk semua kalangan. Untuk para pelajar, buku ini bisa menambah pengetahuan umum selain yang diperoleh dari sekolah. Dan untuk para orang tua, buku ini bisa digunakan sebagai bacaan pengantar tidur anak yang bisa menambah ilmu anak.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar